Satbrimob Polda Jabar Punya Unit Mobil Khusus, Inilah Perannya

Satbrimob Polda Jabar Punya Unit Mobil Khusus, Inilah Perannya

CIREBON - Selain bertugas membantu fungsi, melengkapi operasi, melindungi anggota unit, memperkuat fungsi dan menggantikan tugas Kepolisian kewilayahan polisi yang lain, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar memiliki peran lain yang jarang diketahui masyarakat banyak.

Ya, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar kini dilengkapi satu unit mobil khusus yang berfungsi sebagai dapur lapangan.

Mobil dapur lapangan milik korps Brimob ini digunakan ketika sedang dalam keadaan darurat seperti, membantu membuat makanan untuk masyarakat terkena bencana alam dan kegiatan lainnya.

Pantauan radarcirebon.com, tampilan mobil dapur lapangan ini terlihat sangat gagah sama seperti kendaraan Polisi lainnya. Bedanya, saat kita masuk ke dalamnya akan disambut dengan peralatan dapur yang sangat komplit.

Selain itu, di dalam mobil dapur langangan ini dilengkapi dengan bahan baku dasar masakan, dan sejumlah anggota Brimob yang ahli memasak makanan secara langsung dalam mobil.

\"Kalau mobil dapur lapangan ini diperuntukkan khusus untuk kegiatan bantuan bencana alam. Namun jika tidak ada bencana alam dan situasinya kondusif, mobil dapur lapangan ini digunakan untuk kegiatan yang bersifat sosial,\" ujar Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar, AKBP M Andri, Rabu (29/9).

AKBP M Andri mengatakan, juru masak di mobil dapur lapangan tersebut yakni anggota Brimob bersama ibu-ibu Bhayangkari.

\"Untuk juru masak (koki, red) itu anggota kita sendiri dibantu oleh ibu-ibu Bhayangkari. Untuk menu, namanya juga lapangan, ya makanannya sifatnya lapangan, nggak ada menu makanan yang mewah atau aneh-aneh. Jadi intinya sih siap saji dan siap makan,\" katanya.

Menurut Danyon, mobil dapur lapangan ini sangat penting di lokasi bencana alam.

\"Hal pertama apabila terjadi bencana itu adalah makanan. Jadi, kami Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar siap terjun langsung ke masyarakat yang terdampak bencana alam, terutama memberikan bantuan makanan. Mobil dapur lapangan ini disiapkan dengan peralatan masak yang memadai dan akan selalu siap siaga selama 24 jam apabila sewaktu-waktu diperlukan terutama bencana alam,\" pungkasnya. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: